Translater

Senin, 23 Juni 2014

Program IF Pada Delphi


PROGRAM IF PADA DELPHI
 Delphi adalah tools dalam pengembangan  aplikasi visual yang yang berbasis objek. Praktikum ini saya membuat aplikasi dari Delphi yaitu program  login dan nilai  mahasiswa. Berikut adalah contoh sederhana programnya menggunakan Delphi.
1.    List Program






2.Logika Program Unit 1
Program ini di buat untuk latihan membuat program menggunakan Delphi. Versi yang di gunakan pada program ini adalah Delphi 7. Pada program ini kita menggunakan Form yang terdapat pada Delphi. Di sini kita akan membuat program untuk login mahasiswa dan nilai.
Jika ingin membuat program dengan output seperti itu, maka kita dapat menggunakan 2 CommandButton yang kita buat untuk login dan reset, 2 TextBox untuk mengisi username dan password, dan membuat 3 label untuk username,password, dan Judulnya.    
Pada list program pertama terdapat sintaks If (Edit1.Text = 'Dimas') And (Edit2.Text = '52413515') Then ; begin ; Form1.Hide;Form2.Show;”, jika TextBox 1 diisikan Dimas dan TextBox 2 diisikan 52413515 amaka form 2 akan muncul.
Pada list program pertama terdapat sintaks application.MessageBox('Selamat Datang Dimas','Warning'); end ”, Kemudian akan muncul kotak pesan Selamat dating Dimas sebelum masuk ke Form2  .
Pada list sintaks berikutnya terdapat sintaks “Else If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then ; begin ; application.MessageBox('Masukkan Username Dan Password Anda','Warning'); end” jika TextBox1 dan TextBox2 tidak diisikan alias kosong maka akan muncul pesan Masukkan Username dan Password Anda.
            Begitu Juga ketika hanya TextBox1 kosong maka akan keluar pesan Masukkan Username Anda kemudian sama dengan jika hanya TextBox2 kosong akan keluar pesan Masukkan Password Anda. 
Pada list sintaks berikutnya terdapat sintaks “Else ; application.MessageBox('Username Dan Password Anda Tidak Valid','Warning'); end; end; end.” Jika statement diatas sudah diseleksi dan ternyata username dan passwordnya salah maka akan kelar kotak pesan seperti diatas dan statement ini akan berakhir dan ditutupagar tidak looping terus.
 Berikut adalah seluruh sintaks dari Unit 1 atau Form 1 :
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
If (Edit1.Text = 'Dimas') And (Edit2.Text = '52413515') Then
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
application.MessageBox('Selamat Datang Dimas','Warning');
end
Else If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Username Dan Password Anda','Warning');
end
Else If Edit1.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Username Anda','Warning');
end
Else If Edit2.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Password Anda','Warning');
end
Else
application.MessageBox('Username Dan Password Anda Tidak Valid','Warning');
end;
end;
end.
 
3.    Logika Program Unit 2

Pada Unit 2 atau form 2 kita dapat menggunakan 2 CommandButton yang kita buat untuk check dan reset, 4 TextBox untuk mengisi nilai UTS, nilai UAS, untuk rata-rata dan untuk grade, dan membuat 5 label untuk Nilai UTS,Nilai UAS,rata-rata, Grade, dan Judulnya.   
Pada list program pertama terdapat sintaks var ; uts,uas : Integer; Jumlah : Real; ”, Statement ini untuk mendeklarasikan variabel uts,uas sebagai integer dan jumlah sebagai variabel real.
Pada list sintaks berikutnya terdapat sintaks “uts := strToInt (Edit1.Text);  uas := strToInt (Edit2.Text); ” statement ini berguna untuk mengubah variable uts dan uas dari string menjadi interger dan uts mengisi TextBox1 dan uas mengisi TextBox2.
Pada list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “Jumlah := (uts+uas)/2; Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);” statement ini berguna untuk menghitung jumlah atau rata-rata dan mendeklarasikan Jumlah sebagai float atau bernilai koma dan mengisi TextBox3.
Pada list sintaks selanjutnya terdapat sintaks kondisi if else.Jika jumlah >=80 maka di TextBox4 akan keluar output “A”. Jika jumlah >=60 dan <=79 maka di TextBox4 akan keluar output “B”. Jika jumlah >=40 dan jumlah <=59 maka di TextBox4 akan keluar output “C”. Jika jumlah >=20 dan jumlah <=39 maka di TextBox4 akan keluar output “D”  , kemudian dari statement tersebut diatas tidak terpenuhi maka di TextBox4 akan keluar output “E”.
  Begitu Juga ketika hanya TextBox1 kosong maka akan keluar pesan Masukkan Username Anda kemudian sama dengan jika hanya TextBox2 kosong akan keluar pesan Masukkan Password Anda. 
Pada list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);begin;Edit1.Clear;Edit2.Clear;Edit3.Clear;Edit4.Clear;Edit1.SetFocus;end;” statement ini berguna untuk mereset ulang agar kita menekan tombol reset maka form isian akan kosong kembali.
Pada list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);begin;If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then;  Key:= #0;end;” statement ini berguna untuk menentukan agar variabel yang diinputkan ke dalam TextBox hanya berupa angka.
 Pada list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);begin;Edit1.MaxLength := 3;end; ” statement ini berguna untuk membatasi variabel pada Form2 dengan batas hanya 3 variabel.
Berikut adalah seluruh sintaks dari Unit 2 atau Form 2 :
procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
  uts,uas : Integer;
  Jumlah : Real;
begin
  uts := strToInt (Edit1.Text);
  uas := strToInt (Edit2.Text);
  Jumlah := (uts+uas)/2;
  Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
  If Jumlah >=80 Then
  begin
  Edit4.Text := 'A';
  End
  Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
  begin
  Edit4.Text := 'B';
  End
  Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59)  Then
  begin
  Edit4.Text := 'C';
  End
  Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then
  begin
  Edit4.Text := 'D';
  End
  Else
  Edit4.Text := 'E'
  end;
  procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
end;
procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
  Key:= #0;
end;

procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
begin
Edit1.MaxLength := 3
end;
end;
end.




4.    Output Program











 































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger