2.Logika Program Unit 1
Program
ini di buat untuk latihan membuat program menggunakan Delphi. Versi yang di
gunakan pada program ini adalah Delphi 7. Pada program ini kita menggunakan Form
yang terdapat pada Delphi. Di sini kita akan membuat program untuk login mahasiswa
dan nilai.
Jika
ingin membuat program dengan output seperti itu, maka kita dapat menggunakan 2
CommandButton yang kita buat untuk login dan reset, 2 TextBox untuk mengisi
username dan password, dan membuat 3 label untuk username,password, dan Judulnya.
Pada
list program pertama terdapat sintaks ”
If (Edit1.Text = 'Dimas') And
(Edit2.Text = '52413515') Then ; begin ; Form1.Hide;Form2.Show;”, jika
TextBox 1 diisikan Dimas dan TextBox 2 diisikan 52413515 amaka form 2 akan
muncul.
Pada
list program pertama terdapat sintaks ”
application.MessageBox('Selamat Datang
Dimas','Warning'); end ”, Kemudian akan muncul kotak pesan Selamat
dating Dimas sebelum masuk ke Form2 .
Pada
list sintaks berikutnya terdapat sintaks “Else
If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then ; begin ;
application.MessageBox('Masukkan Username Dan Password Anda','Warning'); end”
jika TextBox1 dan TextBox2 tidak diisikan alias kosong maka akan muncul pesan
Masukkan Username dan Password Anda.
Begitu
Juga ketika hanya TextBox1 kosong maka akan keluar pesan Masukkan Username Anda
kemudian sama dengan jika hanya TextBox2 kosong akan keluar pesan Masukkan
Password Anda.
Pada
list sintaks berikutnya terdapat sintaks “Else
; application.MessageBox('Username Dan Password Anda Tidak Valid','Warning');
end; end; end.” Jika statement diatas sudah diseleksi dan ternyata username
dan passwordnya salah maka akan kelar kotak pesan seperti diatas dan statement
ini akan berakhir dan ditutupagar tidak looping terus.
Berikut adalah seluruh sintaks dari Unit 1
atau Form 1 :
procedure
TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
If
(Edit1.Text = 'Dimas') And (Edit2.Text = '52413515') Then
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
application.MessageBox('Selamat
Datang Dimas','Warning');
end
Else
If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then
begin
application.MessageBox('Masukkan
Username Dan Password Anda','Warning');
end
Else
If Edit1.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan
Username Anda','Warning');
end
Else
If Edit2.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan
Password Anda','Warning');
end
Else
application.MessageBox('Username
Dan Password Anda Tidak Valid','Warning');
end;
end;
end.
3. Logika Program Unit 2
Pada
Unit 2 atau form 2 kita dapat menggunakan 2 CommandButton yang kita buat untuk
check dan reset, 4 TextBox untuk mengisi nilai UTS, nilai UAS, untuk rata-rata
dan untuk grade, dan membuat 5 label untuk Nilai UTS,Nilai UAS,rata-rata,
Grade, dan Judulnya.
Pada
list program pertama terdapat sintaks ”
var ; uts,uas : Integer; Jumlah : Real; ”,
Statement
ini untuk mendeklarasikan variabel uts,uas sebagai integer dan jumlah sebagai
variabel real.
Pada
list sintaks berikutnya terdapat sintaks “uts
:= strToInt (Edit1.Text); uas :=
strToInt (Edit2.Text); ” statement ini berguna untuk mengubah variable uts
dan uas dari string menjadi interger dan uts mengisi TextBox1 dan uas mengisi
TextBox2.
Pada
list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “Jumlah
:= (uts+uas)/2; Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);” statement ini berguna
untuk menghitung jumlah atau rata-rata dan mendeklarasikan Jumlah sebagai float
atau bernilai koma dan mengisi TextBox3.
Pada
list sintaks selanjutnya terdapat sintaks kondisi if else.Jika jumlah >=80
maka di TextBox4 akan keluar output “A”. Jika jumlah >=60 dan <=79 maka
di TextBox4 akan keluar output “B”. Jika jumlah >=40 dan jumlah <=59 maka
di TextBox4 akan keluar output “C”. Jika jumlah >=20 dan jumlah <=39 maka
di TextBox4 akan keluar output “D” , kemudian
dari statement tersebut diatas tidak terpenuhi maka di TextBox4 akan keluar
output “E”.
Begitu Juga ketika hanya TextBox1 kosong
maka akan keluar pesan Masukkan Username Anda kemudian sama dengan jika hanya
TextBox2 kosong akan keluar pesan Masukkan Password Anda.
Pada
list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “procedure
TForm2.Button2Click(Sender:
TObject);begin;Edit1.Clear;Edit2.Clear;Edit3.Clear;Edit4.Clear;Edit1.SetFocus;end;”
statement ini berguna untuk mereset ulang agar kita menekan tombol reset
maka form isian akan kosong kembali.
Pada
list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “procedure
TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);begin;If Not (Key
in['0'..'9',#8,#13]) Then; Key:=
#0;end;” statement ini berguna untuk menentukan agar variabel yang
diinputkan ke dalam TextBox hanya berupa angka.
Pada
list sintaks selanjutnya terdapat sintaks “procedure
TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);begin;Edit1.MaxLength := 3;end; ” statement
ini berguna untuk membatasi variabel pada Form2 dengan batas hanya 3 variabel.
Berikut
adalah seluruh sintaks dari Unit 2 atau Form 2 :
procedure
TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
uts,uas : Integer;
Jumlah : Real;
begin
uts := strToInt (Edit1.Text);
uas := strToInt (Edit2.Text);
Jumlah
:= (uts+uas)/2;
Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
If Jumlah >=80 Then
begin
Edit4.Text := 'A';
End
Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah
<=79) Then
begin
Edit4.Text := 'B';
End
Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah
<=59) Then
begin
Edit4.Text := 'C';
End
Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah
<=39) Then
begin
Edit4.Text := 'D';
End
Else
Edit4.Text := 'E'
end;
procedure TForm2.Button2Click(Sender:
TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
end;
procedure
TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
If
Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
Key:= #0;
end;
procedure
TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
begin
Edit1.MaxLength
:= 3
end;
end;
end.
4.
Output
Program
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar